30
May
10

LAPORAN REALISASI ANGGARAN BELANJA PADA BINA PRODUKSI KEHUTANAN, DEPARTEMEN KEHUTANAN

PENDAHULUAN

1. 1. Latar Belakang
Departemen Kehutanan adalah salah satu Departemen dalam pemerintahan Indonesia yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintah dalam bidang kehutanan.
Terbentuknya Departemen Kehutanan dikarenakan hutan dan multi fungsinya tidak mungkin ditangani secara baik tanpa wadah yang mandiri. Demikian juga tiga aspek pembangunan kehutanan (perlindungan, pengawetan, pemanfaatan) dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah oleh berbagai Departemen.
Pelaksanaan otonomi daerah di Departemen Kehutanan berimplikasian pada perubahan dalam sistem pembuatan keputusan terkait dengan pengalokasian sumberdaya dalam anggaran pemerintah daerah. Sebelumnya penentuan alokasi ditentukan oleh Pemerintah Pusat dengan mengacu pada realisasi anggaran tahun sebelumnya dengan sedikit peningkatan tanpa merubah jenis atau pos belanjanya.
Jadi dengan mengadakan analisa yang telah disebutkan diatas maka akan dapat dinilai, Departemen Kehutanan memerlukan adanya Laporan Realisasi Anggaran dari setiap satuan kerja perwilayah seperti Laporan Realisasi Anggaran Belanja.
Laporan Realisasi Anggaran Belanja (LRAB) tersebut adalah laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus atau defisit dan pembiayaan, sisa lebih atau kurang pembiayaan anggaran masing-masing diperbandingkan dengan anggaranya dalam satu periode. Laporan Realisasi Anggaran Belanja menggambarkan jumlah realisasi atau jumlah benlanja yang dilaksanakan atau direalisasikan oleh entitas akuntansi dalam satu periode laporan. Realisai belanja dalam LRAB disajikan menurut Mata Anggaran Keluaran (MAK), meliputi belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, dan belanja bantuan sosial.
Dalam menyusun LRAB juga menggunakan aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) tingkat Ekselon 1. Sistem Akuntansi Keuangan merupakan bagian dari Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang digunakan untuk memproses anggaran realisasinya, sehingga menghasilkan Laporan Realisasi Anggaran.
Berdasarkan uraian tersebut, maka perlunya untuk menulis informasi tentang Laporan Realisasi Anggaran Belanja kementrian negara atau lembaga pada Departemen Kehutanan dalam Laporan Kerja Praktek (LKP) yang berjudul ”Laporan Realisasi Anggaran Belanja Pada Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan”.

1. 2. Materi Kerja Praktek
Lingkup materi kerja praktek yang dilaksanakan di Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan adalah Laporan Realisasi Anggaran Belanja setiap satuan kerja perwilayah dengan mengggunakan aplikasai Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) tingkat Ekselon 1.

1. 3. Ruang Lingkup Kerja Praktek
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, ruang lingkup penelitian dibatasi hanya sampai pada informasi yang berhubungan dengan Laporan Realisasi Anggaran Belanja pada Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan pada periode semester pertama tahun 2007.
Prosedur analisis untuk menilai kondisi laporan realisasi anggaran kementrian negara atau lembaga adalah analisis fundamental. Dalam melakukan analisis, penulis mengabaikan variabel-variabel yang mempengaruhi kondisi anggaran belanja kementrian/lembaga pusat secara langsung, seperti peraturan pemerintah, situasi keamanan, iklim politik, kondisi sosial budaya, dan lain-lain.

1. 4. Tujuan Kerja Praktek
Dalam hal ini Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan dan Universitas Gunadarma memberikan kesempatan untuk melaksanakan program kerja praktek di Bina Produksi Kehutanan, Departemen Kehutanan yang dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 13 Agustus 2007 sampai dengan 13 September 2007.
Adapun tujuan yang diharapkan agar dapat tercapai melalui praktek kerja lapangan yang dilakukan antara lain :
1. Mengetahui proses pemasukan data Laporan Realisasi Anggaran Belanja ke dalam aplikasi Sistem Akuntansi Komputer (SAK)
2. Mengetahui ada atau tidaknya kelemahan aplikasi Sistem Akuntasi Komputer (SAK)

1. 5. Manfaat Kerja Praktek
Adapun manfaat kerja praktek ini adalah sebagai berikut :
1. Peserta magang
a) Memperdalam pemahaman penulisan berkaitan dengan Laporan Realisasi Anggaran Belanja
b) Dapat memperluas wawasan dan memperoleh pengalaman bekerja di perusahaan
c) Memberikan pembekalan dalam bentuk pengalaman bekerja sebelum memasuki dunia kerja
d) Dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di dunia kerja.
2. Bagi Fakultas Universitas Gunadarma
a) Meningkatkan kualitas lulusan Diploma III khususnya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan dunia kerja
b) Membangun kerjasama yang baik antara Perguruan Tinggi dan perusahaan
c) Memperoleh bahan masukkan untuk mengembangkan kurikulum.
3. Bagi Perusahaan
a) Dalam melaksanakan pemagangan ini dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaannya
b) Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukkan dan nantinya akan berguna bagi perusahaan untuk mengambil langkah-langkah kebijakan selanjutnya yang bermanfaat bagi perbaikan dan pengembangan aktivitas dalam program kejasama dengan pihak-pihak yang bersangkutan, sehingga dapat mengendalikan system prosedur dengan baik.
4. Bagi Masyarakat
Diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum. Secara khusus, hasil penulisan ini dapat digunakan untuk memperluas bidang Ekonomi dan sebagai bahan referensi bagi para pembaca.


0 Responses to “LAPORAN REALISASI ANGGARAN BELANJA PADA BINA PRODUKSI KEHUTANAN, DEPARTEMEN KEHUTANAN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: